Pages

Error & Penanganan

Permasalahan dilapangan yang sering terjadi selama operasi pembayaran antara lain sebagai berikut

#Masalah: Pada aplikasi GatePay, koneksi internet berhasil > status koneksi 7: Connected tapi System Not Ready
Penanganannya:
Periksa tanggal dan jam sistem di komputer anda, sesuaikan tanggal dan jam saat itu.

#Masalah: Tidak bisa login atau M02 password salah atau M01 User tidak terdaftar
Penanganannya:
Silahkan hubungi admin agar di reset kembali seperti pada saat pendaftaran awal.

#Masalah: Printer LX300+ tidak bisa ngeprint karena menggunakan kabel usb bukan kabel LPT1
Penanganannya:
  • Untuk langkah awal masuk ke START > CONTROL PANEL > PRINTER selanjutnya di klik maka ada tampilan printer. Pilih printer yang di gunakan (contoh: LX300+) klik kanan kemudian pilih Properties klik Sharing Printer berikan nama Sharing Printer dengan EPSONLX300. klik OK.  Selanjutnya buka aplikasi GatePay klik Setting > pilih Port Printer USB, kemudian nama printer sharing di beri nama sesuai yang nama sharing yaitu EPSONLX300 lalu klik OK selanjutnya komputer di restart.
  • Untuk memastikan berhasil atau tidak masuk STAR > RUN ketik cmd kemudian enter, maka ada tampilan baru warna hitam, kemudian ketik net use bila ada informasi net use .... maka sharing printer berhasil tetapi bila tidak ada informasi "There are  no entries in the list" maka sharing printer gagal.
  • Atau langkah selanjutnya pada commad prompt ketik dir >lpt1 kemudian enter bila ngeprint maka sudah terhubung dan dapat digunakan pada aplikasi gatepay.
#Masalah: Pada transaksi PLN pada saat di panggil (Query) atau di tampilkan di layar muncul tetapi pada saat membayar (Payment) gagal atau tidak bisa di bayarkan
Penanganannya:
Lihat pada report masuk atau tidak transaksi tersebut bila sudah masuk tetapi tidak mencetak ke resi silahkan cetak ulang kembali. atau transaksi tidak ada dalam report maka transaksi ulang kembali. atau ada keterangan error B91 atau B68 artinya terjadi gangguan di server mitra bisa itu PLN atau mitra biller, bila dalam hal ini tunggu sampai mitra benar-benar siap dan jangan di transaksikan dahulu.

#Masalah: Sudah memasukkan daftar kolektif PLN tapi daftar pelanggan tidak langsung muncul
Penanganannya:
Pindahkan ke menu JAMAK lalu masuk lagi ke menu KOLEKTIF atau keluar dahulu dari Aplikasi Kolektif kemudian masuk lagi.

#Masalah: Muncul Error M02 - User-ID Tidak Terdaftar 
Penangannya:
Pada koneksi VPN. Periksa setting port/parameter koneksi pada c:/gatepay buka file param.ini.

#Masalah: Muncul Error - Anda Tidak dapat mengakses aplikasi Gatepay dari Terminal (PC) ini
Penanganannya:
Periksa port serial menggunakan Mac Address (MA) atau Hardisk (HD). Buka file sn folder c:/gatepay sesuaikan settingan dengan MA atau HD seperti pada awal pendaftaran/registrasi loket anda. Atau registrasi ulang atau Reset ke CS/Admin agar settingan diganti ke MA/HD terbaru anda. Perhatikan password masuk anda, jika sudah di registrasi ulang atau Reset maka password akan kembali ke standar yaitu: 111111 atau enam digit password anda.

#Masalah: Muncul Error M09 - Hak Akses Agent ditolak
Penanganannya:
Periksa port serial menggunakan Mac Address (MA) atau Hardisk (HD). Buka file sn folder c:/gatepay sesuaikan settingan dengan MA atau HD seperti pada awal pendaftaran/registrasi loket anda.
Jika anda menggunakan modem USB, sedangkan registrasi awal anda menggunakan Mac Address LAN komputer anda, maka:
  1. Keluar dari program PPOB GatePay
  2. Matikan koneksi internet
  3. Disable semua koneksi LAN or High Speed Internet pada CONTROL PANEL > NETWORK CONNECTION
  4. Kembalikan koneksi LAN or High Speed Internet pada CONTROL PANEL > NETWORK CONNECTION menjadi Enable dengan urutan Local Area Connection terlebih dahulu diiringi Wireless Network Connection 1...dst
  5. Buka program PPOB GatePay, periksa Mac Address pada tampilan awal pojok kanan bawah apakah sesuai dengan Mac Address anda saat registrasi awal.
#Masalah: Muncul Runtime Error
Penanganannya:
Kemungkinan ada corrupt atau hilang pada file. Hapus atau UNINSTALL program GatePay, kemudian install kembali program GatePay Anda. Petunjuk installasi, klik DISINI.
 
#Masalah: Muncul Error 691
Penanganannya:
Dimungkinkan terjadi salah password atau salah user id untuk dial up. Periksa lagi User Id atau Password koneksi.

#Masalah: Muncul Error 800
Penanganannya:
Di mungkinkan belum terkoneksi ke server, tes dari START > RUN kemudian ketik cmd kemudian ENTER selanjutnya ping ke arah server dengan mengetik ping 202.152.58.251 (atau untuk Puskud ping 202.152.58.250) bila REPLY FROM .... artinya koneksi sudah bagus dan bila Request Time Out dimungkinkan masih mengalami gangguan pada jaringan.

#Masalah: Muncul Error 718
Penanganannya:
Proses instalasi berhasil tetapi No Dial Tone artinya pada saat proses instalasi modem atau perangkat minta di RESTART dan chek modem dari Control Panel

#Masalah: Muncul Error 619
Penanganannya:
Dimungkinkan terjadi salah password atau salah user id untuk Dial Up atau APN jaringan GSM anda tidak ada. Setting kembali koneksi jaringan internet anda sesuai dengan operator GSM yang anda gunakan.